Minggu, 05 Desember 2010

Mengamalkan Nettiquete dengan Benar

The Internet is becoming the town square for the global village of tomorrow. Bill Gates


Internet telah berkembang terlalu cepat, melebihi batas kecepatan material apapun. Namun, tak hentinya kita mencoba untuk terus mengikuti seberapa jauh pun itu. Manusia memang mempunyai kecerdasan melebihi komputer mana pun di dunia. Akan tetapi, sayangnya otak manusia itu begitu labil, sehingga akhirnya kita hanya diperbudak oleh zaman. Internet-lah yang menguasai kita, sedangkan kita sendiri gagal menguasai apa yang kita buat.

Sebenarnya tak seburuk itu, hal di atas hanyalah olahan kata-kata bos saya yang benci akan kegiatan orang-orang yang seharian mengutak-atik Internet, sampai lupa makan, tidur, bahkan sampai lupa bernafas - seperti bos saya sendiri. Selama yang diakses itu situs-situs yang bermanfaat sih fine-fine aja, jangan sampai kalau udah larut malam jemari kita mulai menggerayangi situs-situs bersejarah...
... ...



...






Internet sebagai media interaktif memang memberikan kita kemudahan yang sangat besar, tidak perlu lagi kita menghabiskan banyak waktu dan uang untuk melakukan interaksi dengan orang lain. Bahkan dengan v kita langsung bisa interaksi dengan berbagai orang sekaligus walau kita belum kenal secara visual dan bisa berasal dari mana saja di belahan bumi ini. Namun, perlu kita sadari bahwa Internet juga punya banyak kelemahan, karena kita tidak bisa benar-benar tahu emosi, karakter, serta kesungguhan lawan interaksi kita. Untuk itu diperlukan kehati-hatian dalam melakukan berbagai macam kegiatan ber-Internet, entah itu untuk bisnis, sekedar ngobrol, atau bertukar informasi.



Netiquette
Dalam Internet ada yang disebut netiquette atau netiket, yaitu seperangkat konvensi sosial yang memfasilitasi interaksi melalui jaringan, mulai dari Usenet dan mailing list ke blog dan forum. Pada dasarnya, Nettiquette ini adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.

. . .
Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete yang bos saya dapat dari wikipedia antara lain:
1. Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, mungkin dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall

2. Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengupload data pribadi anda. ada baiknya anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju adalah dijamin keamanannya.

3. dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di Internet, caranya sederhana yaitu,
a. jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b. jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalnya melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
c. jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
e. jangan flamming, trolling, junking saat berforum.



Beberapa aturan tersebut dimaksudkan untuk kenyamanan sesama pengguna Internet, karena itu diharapkan dapat diterapkan oleh semua pengguna Internet. Aturan ini dapat berbeda-beda di komunitas/ forum yang berbeda. Namun, intinya adalah saling menghormati sesama pengguna dan melindungi diri kita sendiri dari berbagai penyalahgunaan Internet.

Selain dari hal-hal di atas, kita sendiri juga harus mengenali risiko-risiko dan bertanggung jawab atas setiap situs yang kita kunjungi, atau setiap kegiatan kita dalam situs tersebut. Misal, kita memulai sebuah topik dalam sebuah forum atau blog, kita tidak boleh begitu saja meninggalkannya bila terdapat tanggapan-tanggapan dari pembaca topik kita. Ketika kita meng-upload sesuatu entah foto, video, atau informasi lain, kita juga berani menanggung risiko bila ternyata itu menyalahi aturan atau mungkin disalahgunakan orang lain.

Selama penggunaannya benar, sebenarnya banyak manfaat dari Internet yang dapat kita ambil. salah satu yang bermanfaat ialah nge-blog karena kita bisa saling membagi dan bertukar informasi dengan orang lain. Aturannya sederhana, yang paling utama ialah penulis harus bersedia bertanggung jawab atas postingannya sedangkan pembaca wajib memberikan komentar..
hhe..



5 komentar:

  1. iy setuju, kita harus bertanggungjawab secara mandiri atas diri sendiri dalam mengujungi situs2 web dalam dunia tanpa batas itu..
    ditunggu blogwalkingnya ke blog saya

    BalasHapus
  2. Internet memang bikin kita hebat, asal penggunaannya sehat

    Membangun Peradaban Indonesia dengan Internet Sehat
    http://cucuhermaone.blogdetik.com/umum/membangun-peradaban-indonesia-dengan-internet-sehat/

    BalasHapus
  3. bang, baguuuuuuuuusssss :D
    jempol buat postnya :D
    jempol juga buat blognya :P
    salam kenal euy ;)

    BalasHapus
  4. NIce posting

    salam kenal dan selamat berjuang
    ditunnggu dilapak saya

    http://kangrahmat.blogdetik.com/index.php/2010/11/15/sukes-berat-dengan-internet-sehat-tanpa-perlu-tirakat/#comments

    BalasHapus

ngomong dong...

 

Selamat Datang

Selamat datang di dunia saya, tinggalkanlah jejak dengan memberi komen.. Selengkapnya tentang saya

Sehelai Kertas..

Jangan berharap terlalu banyak dari secarik visualisasi dari sebuah memori di bawah ini. Ini hanyalah sebuah tulisan seadanya dari sebuah pemikiran yang sederhana. Ini hanyalah sebuah relaksasi dari kehidupan sewajarnya. Ini hanyalah sebuah cerita dari dunia yang tak jauh berbeda.

Navigasi

Social Stuff

Info Top