Jumat, 22 Oktober 2010

Era Baru Informasi

Jika kita menilik beberapa tahun ke belakang, mungkin banyak di antara kita yang belum mengenal blog maupun jejaring sosial. Kita masih sering membaca berita dari koran, mendengar radio maupun menonton televisi. Namun, seiring dengan berjalannya waktu hal itu mulai kita tinggalkan, meskipun tidak seluruhnya kita tinggalkan karena pasti ada hal2 unik yang tidak bisa didapatkan dari media yang berbeda.

Sekarang hampir semua orang beralih ke media sosial. Selain dari penyampaiannya yang cepat, dengan media ini semua orang dapat berkontribusi dengan memberi komentar maupun berbagi informasi secara terbuka.


Semua orang dapat mengakses atau bahkan memiliki media sendiri. Tidak dibutuhkan biaya besar dan tenaga kerja yang banyak layaknya pada media tradisional seperti televisi, radio, dan koran. Media ini dapat diakses dengan biaya yang sangat murah dan dapat dilakukan sendiri.

Hanya saja jika disalahgunakan media ini justru dapat merusak, seperti maraknya penculikan lewat fesbuk atau pun kejahatan2 lain yang diawali dari pertemanan di jejaring sosial, sampai penipuan berupa uang dan lainnya.

Oleh karena itu, kita harus bijak dalam menggunakan media ini. Jika digunakan dengan baik sebenarnya banyak manfaat yang bisa didapat dari media yang telah menjamur ke seluruh lapisan masyarakat ini. Selain tersedianya banyak informasi, media sosial juga bisa dijadikan ajang mencari uang alias bisnis dan iklan.

Media sosial adalah mengenai menjadi manusia biasa. Manusia biasa yang saling membagi ide, bekerjasama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berfikir, berdebat, menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun sebuah komunitas. Menjadi diri sendiri dalam media sosial adalah alasan mengapa media sosial berkembang pesat. -Antony Mayfield


BLOG AGE
Web Log atau lebih dikenal sebagai Blog dulunya hanya digunakan sebagai catatan harian saja. Era blog baru dimulai pada tahun 2000-an. Namun, sepertinya sekarang sudah berkembang demikian pesat hingga kurang lebih ada 10 juta blog yang dapat ditemukan di internet.

Kini banyak sekali informasi yang didapat secara cepat dari blog. Karena independensi setiap penulis dalam blog, sering sekali informasi yang didapat di blog tidak ditemukan di media lain. Hal-hal yang ditutup-tutupi dalam berita atau pun koran dapat ditemukan secara terbuka dalam blog.

Keterikatan suatu blog dengan blog lainnya membuat informasi lebih cepat diterima. Sampai-sampai bisa terjadi blogstorm bilamana informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial.


Di Indonesia sendiri, sekarang sudah banyak sekali blogger dan hampir semua orang telah mengenal jejaring sosial. Tidak diragukan lagi kini informasi telah memasuki era baru, era media sosial. Lama-kelamaan media tradisional akan segera ditinggalkan.

Diharapkan, dengan adanya blog dan situs-situs jejaring sosial akan dapat menambah wawasan bangsa ini untuk menuju ke pemikiran yang lebih baik. Tentu saja hal ini juga harus didukung oleh pemerintah untuk menyebarkan ke daerah-daerah terpencil sehingga semua orang dapat mengakses dengan mudah informasi.

Informasi adalah tolak ukur kemajuan sebuah negara...





1 komentar:

  1. Hai,

    Konten di dalam situs Anda sangat menarik dan bermanfaat bagi orang lain dan kami berharap bahwa Anda mau mempertimbangkan kesempatan untuk bisa berbagi dengan kalangan pembaca dari media lain, yaitu kepada sejumlah pengguna ponsel dari Mobile Internet tentunya.

    Disini kami ingin memperkenalkan fitur “Mobilizer” yang kami miliki dimana fitur ini dapat merubah situs web yang mempunyai RSS atau atom feeds menjadi situs mobile tanpa diperlukan programming lebih lanjut.

    Hanya dengan beberapa langkah saja, Anda dapat me-monetize traffic dan membentuk pengikut baru dari kalangan mobile.

    Untuk kenyamanan Anda dan sebagai bahan ilustrasi, kami telah membuat situs mobile Anda yang dapat langsung Anda lihat di http://buzzcity.mobi/fizer0 dan silahkan hubungi kami di mobibiz@buzzcity.com untuk info loginnya.

    Semoga ini bisa menjadi awal kerjasama yang baik diantara kita dan silahkan kunjungi situs kami di www.buzzcity.com jika Anda membutuhkan info lebih lanjut.

    Buzzcity (myGamma) juga akan hadir di acara Pesta Blogger 2010 pada tanggal 30 Oktober 2010 di Jakarta sekaligus sebagai salah satu sponsor, semoga kita dapat berjumpa langsung disana untuk saling bertukar pikiran lebih banyak lagi.

    Terima kasih untuk waktu dan perhatiannya :)

    Salam,
    Tim Mobilizer (Buzzcity)

    BalasHapus

ngomong dong...

 

Selamat Datang

Selamat datang di dunia saya, tinggalkanlah jejak dengan memberi komen.. Selengkapnya tentang saya

Sehelai Kertas..

Jangan berharap terlalu banyak dari secarik visualisasi dari sebuah memori di bawah ini. Ini hanyalah sebuah tulisan seadanya dari sebuah pemikiran yang sederhana. Ini hanyalah sebuah relaksasi dari kehidupan sewajarnya. Ini hanyalah sebuah cerita dari dunia yang tak jauh berbeda.

Navigasi

Social Stuff

Info Top