Minggu, 22 Mei 2011

Berkarya demi Bangsa


image: http://www.cintaohcinta.net


Berinovasi bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Hanya saja butuh keberanian yang lebih untuk mampu atau lebih tepatnya mau mengungkapkannya. Sebenarnya setiap orang bisa saja menciptakan hal-hal unik yang selanjutnya bisa disebut dengan inovasi, hanya saja tidak banyak orang yang mau mengakuinya. Bukan orang lain, tapi diri kita sendirilah yang menolak mengungkapkan inovasi-inovasi itu.

Terkadang orang terlalu takut dianggap gila atau aneh jika mengungkapkan ide-ide uniknya. Oleh karena itu, kebanyakan orang hanya memendam ide gilanya karena merasa malu untuk mengungkapkan. Padahal, menurut saya ide-ide gila itulah yang menjadi awal dari sebuah inovasi.

Saya yakin setiap orang pasti memiliki kemampuan untuk menciptakan inovasi. Jika saja kita berani mengungkapkannya sudah pasti bangsa kita akan mampu mencapai tingkat kemandirian yang tinggi. Inovasi karya anak-anak bangsa inilah yang nantinya akan mampu mengubah masa depan bangsa ini serta mewujudkan Kemandirian Nasional.

Every human has four endowments- self awareness, conscience, independent will and creative imagination. These give us the ultimate human freedom... The power to choose, to respond, to change. Stephen Covey


Setiap manusia pasti memiliki kemampuan untuk berpikir kreatif, unik dan inovatif. Kemampuan itulah yang nantinya akan membawa perubahan terhadap diri kita serta orang lain dan tentunya bangsa ini. Sudah saatnya bangsa ini melakukan semuanya sendiri, tidak hanya tergantung dari bangsa asing terus menerus.

Kemampuan kita tidaklah jauh berbeda dengan kemampuan bangsa-bangsa asing. Produk-produk buatan kita juga tidak kalah hebat dari produk buatan luar negeri. Bahkan kita semua pasti mengakui bahwa negara kita memiliki kekayaan alam yang luar biasa yang sampai saat ini belum 'berani' untuk kita kelola sendiri.

Banyak hal menakjubkan yang bisa diciptakan oleh bangsa ini. Hanya saja terkadang kita malu mengakui kehebatan produk-produk buatan bangsa sendiri. Sungguh ironis, sepertinya dengungan untuk mencintai produk dalam negeri hanyalah menjadi bisikan semu yang terdengar samar-samar di telinga kita.

Saya rasa, saya perlu mencoba untuk memberikan sedikit gambaran tentang inovasi-inovasi bangsa ini. Ini adalah beberapa contoh inovasi karya anak bangsa yang patut kita banggakan.

Spoiler for Inovasi1:
Radio Kayu Magno

Radio Kayu ini dibuat oleh Singgih S Kartono yang menganggap produknya sebagai bagian dari kehidupan berkelanjutan. Dengan konsep itulah, pembuat radio kayu di Kandangan, desa kecil di Temanggung, Jawa Tengah, ini mendapat pesanan 10.000 unit radio kayu senilai Rp 4,9 miliar dari rekanannya di Amerika Serikat.
http://magno-design.com/


Spoiler for Inovasi2:
Batik Fraktal

jBatik merupakan perangkat lunak yang khusus dirancang oleh Muhamad Lukman, Nancy Margried dan Yun Hariadi untuk mendesain Batik Fraktal. Batik fraktal adalah motif batik tradisional yang ditulis ulang secara matematis.

Karya anak bangsa ini telah mendapat pengakuan Internasional setelah memperoleh beberapa penghargaan bergengsi, yaitu UNESCO Award of Excellence for Handicrafts in South-East Asia 2008 dan Asia Pacific ICT Award (APICTA) 2008 pada kategori Tourism and Hospitality.

Karya: Pixel People Project
http://www.pxlpplproject.com


Spoiler for Inovasi3:
Meraih Mimpi

Meraih Mimpi adalah film animasi 3D garapan animator Indonesia yang bernaung di bawah Infinite Frameworks Studios yang berkantor di Batam. Film ini merupakan adaptasi dari buku berjudul Sing to The Dawn karya Minfung Ho, penulis Singapura yang tinggal di New York, Amerika Serikat. Infinite Frameworks Studios membuat film animasi ini atas permintaan pemerintah Singapura. Film ini digarap oleh 150 animator yang hampir semuanya orang Indonesia dan hanya 5 orang asing. Pengerjaan dilakukan sepenuhnya di Batam selama tiga tahun dan memakan biaya sebesar 5 juta dollar AS.

Karya: Infinite Frameworks Studios & Kaylana Shira Film
http://www.meraihmimpi.com


Spoiler for Inovasi4:
Koprol

Koprol merupakan jejaring sosial berdasarkan lokasi yang ditujukan untuk kota-kota di Indonesia. Koprol memberitahu lokasi sesama pengguna Koprol serta menghubungkan sesama penggunanya yang berada ditempat yang sama. Jejaring sosial ini menggunakan metode berbasis lokasi. Di sini ponsel pengguna dapat bersifat seperti GPS (Global Positioning System) tanpa aplikasi GPS dari ponsel itu sendiri. Koprol menyediakan sejumlah pilihan tempat dimana penggunanya bisa check-in di lokasi tersebut. Setelah masuk log, di sini pengguna bisa melihat siapa saja anggota lain yang sedang berada di lokasi yang sama.

Karya: SkyEight
http://koprol.com


Inovasi-inovasi di atas tentunya tidak terlepas dari keberanian untuk membuka diri, hati, dan pikiran untuk berimajinasi dan menemukan karya-karya ajaib yang mampu membuat kagum banyak orang. Sebenarnya masih banyak karya anak bangsa yang dapat kita banggakan, tentunya tidak bisa saya sebutkan satu persatu semuanya.

Yang jelas, yang ingin saya tekankan disini adalah sebenarnya kita mampu menyaingi negara-negara besar lain jika saja kita mau menghargai karya-karya bangsa sendiri. Selain itu, kita juga harus berani menampilkan diri kita untuk berkarya demi bangsa ini. Tujuan ini pulalah yang coba diusung oleh Compfest 2011 untuk memajukan bangsa ini dengan karya-karya inovatif dari anak bangsa demi terciptanya Kemandirian Nasional.

Blogging Competition Compfest 2011

Computer Festival 2011 merupakan One Stop IT event karya mahasiswa/i Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia yang diadakan pada tanggal 14-16 Juni 2011 di SMESCO Indonesia. Dengan diadakannya acara ini diharapkan mampu merangsang kreativitas anak bangsa dalam menghasilkan karya inovatif baik dalam bidang IT maupun yang lainnya. Mari kita ikut berpartisipasi meningkatkan inovasi anak bangsa menuju pengakuan internasional!

reference:
- http://anakbangsa.web.id/
- http://cetak.kompas.com/
- http://wikipedia.org/


Fizer0

20 komentar:

  1. wow... Bner bgt sob......
    Biasa kita anak2 bangsa bukan cuman takut akan dianggap gila dan aneh.......
    Gengsi dan rasa malu pun, adalah faktor internal.......

    Nice....

    BalasHapus
  2. wah....ternyata orang solo ya...lintasan pikiran kadang kurang di sadari potensinya. nice blog

    BalasHapus
  3. Harus berani dalam menuangkan kreatifitas diri..

    BalasHapus
  4. saya turut bangga dengan adanya, karya2 anag bangsa yg hebat dan mengharumkan nama bangsa ini, aq yakin bangsa ini memang bangsa yg pintar dalam berkarya, dan berinovasi, baik itu di bidang teknology , alam, lingkungan dll..

    salam :)

    BalasHapus
  5. yang paling penting adalah inovasi itu tercipta ketika mendobrak zona nyaman, menciptakan sesuatu yang out of the box, berani berkarya dan tidak hanya konsep tetapi mampu diwujudkan..

    udah banyak karya anak bangsa yang patut diacungi jempol!. saluut

    BalasHapus
  6. saya juga punya beberapa inovasi, tapi emang bener kalo keberanian itu penting. beberapa proyek saya belum jalan karena belum ada keberanian hehe

    BalasHapus
  7. wah.. SMESCO di sebrang kantor gw,, dateng aaah heheee

    BalasHapus
  8. Negeri ini butuh orang2 yang cinta berkarya..

    BalasHapus
  9. masbroooo... mana neh blog yang menang lomba kmaren.. hhee

    BalasHapus
  10. bangsa kita memang kreatif Kang, bukan hanya penemuan-penemuan yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, masyrakat awampun mampu memanfaatkan,m memodifikasi barang-barang yang sudah ada menjadi hal baru yang aplikatif

    BalasHapus
  11. @cruzader: butuh keberanian utk mau dianggap gila..

    @Budak melayu: yoi..

    @kamal hayat: harus berani untuk 'gila'

    @daris firzan: semoga makin banyak karya dari anak bangsa

    @gaphe: menjadi gila...

    @tukang colong: semoga proyeknya lancar bro..

    @mila said: ajak2 dong..:p

    @masbro: setuju..

    @dewa sok rock n roll: yg satunya bro... http://cahpajeg.blogspot.com

    @djangan pakies: semua itu dikarenakan adanya keberanian untuk berkarya..

    BalasHapus
  12. Saya malah minder jika karya saya di publikasikan. kenapa yah ?

    BalasHapus
  13. Batiknya rek,
    baguss..

    desainnya elegan, aduhh..
    pengen make..
    :)

    BalasHapus
  14. radio kayu itu sungguh menarik. btw, kadang inovasi terbentur dana juga. tp, ya itu tadi memang hrs dimulai dr keberanian.

    BalasHapus
  15. Aku seneng banget setiap melihat televisi atau membaca berita tentang kehebatan generasi muda Indonesia. Semoga mereka dapat membawa Indonesia ke masa kejayaan. Amin...

    BalasHapus
  16. iya, betul-betul-betul!

    sekarang nyali gampang ciut kalau mau berinovasi soalnya hati ini belum tegar menerima komentar wkwk

    BalasHapus
  17. Hidup Pemuda Indonesia..
    blognya kereen, termasuk isinya..
    salam kenal

    BalasHapus
  18. @Nurul Imam: itu yg namanya kurang keberanian sob..:)

    @Putrie: beli dong..:p

    @maya: sekarang cari sponsor udah gampang mbak tinggal ada niatnya aja..

    @catatan kecilku: amiin... semoga kita bisa ikut mencontoh mereka jg.. :D

    @ipah: itu dia, sebenarnya meskipun daritadi saya ngomongin soal keberanian, saya sendiri sebenernya jg sama.. takut dicela..

    @fharkhan: thx bro, salam kenal jg...

    BalasHapus
  19. Sering mendengar kata-kata seperti ini.
    "Tanyalah apa yang sudah kita berikan untuk Negara, namun jangan tanya apa yang telah Negara berikan kepada kita"

    BalasHapus
  20. Hai... aku cuma mau kasih tahu kalau award darimu baru sempat aku pajang.
    Tolong utk dicek di sini

    BalasHapus

ngomong dong...

 

Selamat Datang

Selamat datang di dunia saya, tinggalkanlah jejak dengan memberi komen.. Selengkapnya tentang saya

Sehelai Kertas..

Jangan berharap terlalu banyak dari secarik visualisasi dari sebuah memori di bawah ini. Ini hanyalah sebuah tulisan seadanya dari sebuah pemikiran yang sederhana. Ini hanyalah sebuah relaksasi dari kehidupan sewajarnya. Ini hanyalah sebuah cerita dari dunia yang tak jauh berbeda.

Navigasi

Social Stuff

Info Top