Senin, 02 Mei 2011

Estetik Musik

Beberapa hari kemarin, saya disibukkan dengan latihan untuk acara akustikan di kampus yang diadakan beberapa minggu ini. Kebetulan saya dapat jatah sabtu kemarin untuk tampil. Meskipun sedikit mengecewakan karena beberapa hal teknis, tetapi lumayanlah bisa menghibur teman-teman.

Setelah berhari-hari pikiran saya buntu karena tidak ada ide untuk menulis, kali ini saya akan bercerita saja pengalaman saya dalam mengenal musik.
Mmmhh,, mulai dari mana ya?

Agak susah juga mendefinisikan kapan 'mengenal musik' karena tiap manusia sudah dibekali berkah musik sejak lahir. Saya yakin tidak ada orang di dunia ini yang sama sekali tidak suka dengan musik.

Mungkin jika ditilik dari kapan saya mulai punya kaset adalah ketika saya kelas 4 SD (klo gak salah), kaset pertama yang saya beli adalah album perdana dari band yang paling fenomenal saat itu, Sheila on 7. Awalnya sih cuma iseng-iseng tapi setelah didengarkan ternyata keren sekali.

Namun, sepertinya saya belum terlalu tertarik dengan musik, saya cuma tertarik dengan Sheila on 7. Sampai SMP, kaset yang saya punya adalah Sheila on 7, Kisah Klasik Untuk Masa Depan, 07 Des. Ya, itu adalah album 1-3 SO7. Baru pada waktu SMP saya mulai mencoba mendengarkan musik yang lainnya sehingga membuat saya semakin tertarik dengan musik. Dari sanalah saya mulai tertarik untuk belajar musik.

Saya baru mulai serius belajar gitar kelas 3 SMP, memang agak terlambat dan saya belum punya gitar sendiri saat itu. Sungguh ironis mengingat ayah saya dulu juga seorang pemusik, seorang gitaris dan penyanyi yang jenius. Sayang semua gitar dan alat-alat musik lainnya sudah dijual (beberapa juga dipinjam, tapi sekarang tak tahu entah dimana) karena beliau terkena stroke ketika saya masih sangat kecil. Selain karena tidak ada yang memakai (karena saya dan adik saya masih sangat kecil), kami perlu uang juga untuk membayar biaya pengobatan yang luar biasa mahal.

Saya mulai belajar bermain gitar dengan bimbingan dari paman saya. Terkadang saya juga mengutak-atik sendiri bagaimana membuat kunci atau mencari tangga nada. Karena musik itu seperti matematika yang bisa kita utak-atik dan pelajari sendiri. Yang kita pelajari dari buku atau orang lain lain hanyalah teknik dan persepsi bermusik. Masalah selera dan bagaimana kita bermain itu ditentukan oleh kita sendiri.

Musik itu natural, setiap orang bisa merasakan dan membuat musiknya sendiri.


Fizer0
>

16 komentar:

  1. bener banget gan....
    Gk ada orang yang gk suka dengan musik....
    Meskipun cuman mendengarkan.......

    BalasHapus
  2. pernahbelajar gitar wkt kkuliah tapi gak diterusin nih.enak ya bisa main musik

    BalasHapus
  3. keren
    jadi pengen berakustik lagi
    lama tak main, pasti seru nih

    sedj

    BalasHapus
  4. Musik membuat perasaan jd tenang. I love music :D

    BalasHapus
  5. dan smpai skranga SO7 tetap memesonaaaa :D

    kali ini coba rebana aja om, asyik tuh :D

    BalasHapus
  6. aku juga suka SO7.. terutama lagu 'Dan'...

    BalasHapus
  7. wah, akustik, aku suka tp ga bisa main. hehehe
    ajarin bro.. :)

    BalasHapus
  8. bisa main musik itu keren! aku ga bisaaa

    BalasHapus
  9. mengingat lagu s07
    wkt jmn smp,hehehe

    BalasHapus
  10. hehee.. musik itu tergantung bakat yah :p

    BalasHapus
  11. Seharusnya mau tampil itu tenag dulu...

    BalasHapus
  12. Practice harus teratur.... hheee,,,

    Salam kenal

    Share info
    http://dhanang.net/post/2011/seorang-anak-kecil-yang-patut-dicontoh.html

    BalasHapus
  13. SAya juga suka sekali dengan musik, dengan musik saya bisa mencurahkan perasaan...he..he...

    BalasHapus
  14. Saya kalau lagi galau biasanya suka nyanyi, nyanyi apa aja, yang penting jdulnya nyanyi...ga peduli apa akta orang,...he..he..

    BalasHapus

ngomong dong...

 

Selamat Datang

Selamat datang di dunia saya, tinggalkanlah jejak dengan memberi komen.. Selengkapnya tentang saya

Sehelai Kertas..

Jangan berharap terlalu banyak dari secarik visualisasi dari sebuah memori di bawah ini. Ini hanyalah sebuah tulisan seadanya dari sebuah pemikiran yang sederhana. Ini hanyalah sebuah relaksasi dari kehidupan sewajarnya. Ini hanyalah sebuah cerita dari dunia yang tak jauh berbeda.

Navigasi

Social Stuff

Info Top